Test dan Ketentuan CPNS Kemenag 2022

CPNS Kemenag 2022 – Pekerjaan PNS masih menjadi idaman bagi banyakan orang. Mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapat posisi PNS dari seleksi CPNS yang tiap tahunnya menerima pembukaan posisi.

Berbagai formasi CPNS pun dikejar dan berharap akan masuk di salah satu dari formasi yang ada. Sakinh banyaknya yang minat, formasi pun banyaak yang penuh dan serinh menjadi favorit. Misalkan saja di tahun ini formasi yang masih menjadi favorit yaitu formasi CPNS Kemenag 2022.

Usut punya usut, jumlah formasi yang dibuka pada CPNS Kemenag 2022 disediakan berjumlah 1.361 formasi yang akan dibuka hingga tanggal 21 Juli 2022 nanti. Masih ada peluang bagi peminat yang belum melakukan pendaftaran

Kriteria Pelamar :

Pihak Kemenag sendiri membuka peluang yang terbuka lebar kepada siapapun, berikut kriteria melamar CPNS Kemenag 2022 :

  1. Formasi umum
  • Berasal dari PTN ataupun PTS yang sudah memenuhi standard kualifikasi formasi yang dilamar.
  1. Formasi khusus
  • Lulusan terbaik dari Universitas berakreditasi A, dengan buktinya orang tersebut mendapatkan gelar lulusnya sebagai Cumlauda.
  • Disabilitas, formasi khusus untuk orang dengan memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas namun syaratnya dengan memiliki kriteria yang mampu menjalankan amanat tugas posisi yang dilamar.
  • Putra/i Papua dan Papua Barat, orang yang mendapatkan garis keturunan dari orang tua kandungnya dari keturunan daerah Papua dan Papua Barat.

Persyaratan Umum CPNS Kemenag 2022

Setiap pelamar, melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara 2022 (bkn.go.id), di halaman tersebut pula nantinya akan ada dokumen yang dapat diunduh guna memenuhi persyaratan umum CPNS Kemenag 2022.

Adapun persyaratan umum bagi rakyat Indonesia yang berkenan mendaftar salah satu formasi CPNS Kemenag 2022 antara lain :

  1. WNI
  2. Sudah berusia minimalnya 18 tahun dan usia maksimalnya di 35 tahun. Terkecuali untuk formasi dosen dengan gelar Doktor/S3, usia maksimalnya 40 tahun.
  3. Bebas catatan hukum, tidak pernah dipenjara atau dipidana paling tidak 2 tahun.
  4. Tidak/belum pernah berhenti dengan kehendak sendiri, diberhentikan dengan/tidak hormat dari jabatan PNS, POLRI, dan juga TNI. Serta tidak pernah mendapatkan surat pemberhentian secara tidak hormat dari kantor swasta jika sebelumnya adalah pegawai swasta.
  5. Tidak sedang mnnjadi Calon PNS, jabatan PNS, POLRI, ataupun TNI.
  6. Tidak terlibat politik atau anggota parpol.
  7. Syarat pendidikan memenuhi ketentuan posisi yng dilamar.
  8. Memiliki tubuh yang sehat secara jasmaniah dan juga rohaniah.
  9. Berkenan diposisikan diseluruh wilayah NKRI.
  10. Mengikuti serta patuh peraturan dan ketentuan di Kementrian Agama.
  11. Memenuhi persyaratan pelamar.

Tata Cara Proses Seleksi

Selesai mendaftarkan diri pada situs Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara 2022 (bkn.go.id) dan juga sudah melampirkan dokumen yang disyaratkan pada laman web tersebut, selanjutnya menunggu informasi lebih lanjut teekait proses seleksinya. Adapun tata cara proses seleksi pada CPNS Kemenag 2022 yaitu :

  1. Penyeleksian administrasi oleh tim pusat
  2. Seleksi kompentensi dasar (KD) dengan sistem CAT yang memiliki bobot penyeleksian hingga 40%, meliputi :
  • – TWK
  • – TIU
  • – TKP
  1. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan skor bobot seleksinya mencapai 60%, meliputi :

– Praktek kerja, bobot nilainya 35%
– Psikotes, bobot nilainya 35%

– Wawancara Komitmen & Kebangsaan dan Moderasi Beragama, bobot nilainya 30%

Adapun jadwal dari tanggal-tanggal jalannya proses seleksi CPNS Kemenag 2022, dapat dilihat dengan klik disini. Dan jangan lupa untuk memenuhi persyarataan administrasi agar tidak gugur sebelum berperang. Selamat mencoba!

About oemar

Check Also

Andalan Baru Generasi Muda Honda CBR150R 2023

Honda CBR150R 2023, Andalan Baru Generasi Muda Motor gagah khas anak muda ini kembali mengalami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *