Ketahui Penyebab Gagal Seleksi Administrasi SSCN 2022

Ketahui Penyebab Gagal Seleksi Administrasi SSCN 2022 – Pada tahun 2022, pemerintah kembali membuka seleksi CPNS yang terdiri dari berbagai formasi. Tentu saja kabar gembira ini disambut baik. Banyak masyarakat berusia produktif yang menantikannya. Menjadi PNS adalah kebanggan tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai impian. Bagaimana tidak, karena banyak kelebihan dari profesi PNS. Mulai dari gaji hingga pensiun yang terjamin. Oleh sebab itu banyak yang menantikan SSCN 2022.

Tahun ini pemerintah telah menginformasikan mengenai seleksi SSCASN. Proses SSCN 2022 akan melewati beberapa tahap mulai dari pembuatan akun hingga tes kompetensi. Banyak persiapan yang harus diperhatikan pada seleksi administrasi. Persiapan mengenai administrasi adalah hal terpenting karena langkah awal. Banyak yang belum mengetahui penyebab sepele yang bisa membuat gagal seleksi SSCN 2022.

Pada seleksi SSCN 2019 lalu, lebih dari 800.000 orang yang gagal dalam seleksi administrasi. Berikut ini adalah penyebab sepele gagalnya seleksi administrasi SSCN yang harus diketahui.

Salah Ketik Saat Pendaftaran

Banyak yang lupa atau bahkan kurang teliti saat pendaftaran. Padahal, tahap pertama ini adalah proses penting. Oleh karena awal dari pendaftaran, maka calon pendaftar harus memperhatikan setiap detailnya. Misalnya seorang pendaftar bernama Muhammad Ilham dengan dobel huruf ‘m’ mengetik namanya menjadi Muhamad Ilham. Padahal, nama dengan huruf dobel ‘m’ adalah nama valid di ijazah dan KTP. Namun, karena kesalahan input saat pendaftaran, ini adalah kesalahan fatal.

Hal tersebut juga berlaku untuk mengisi format data lain. Seperti misalnya format angka ijazah atau NIK calon pendaftar. Jangan sampai salah input dan harus benar-benar teliti. Karena ini adalah proses penting, biasakan untuk selalu re-check data.

Salah Unggah File

Dalam proses unggah file SSCN 2022, banyak sekali yang harus diperhatikan. Belajar dari kesalahan beberapa tahun sebelumnya, banyak calon peserta yang salah mengunggah file. Berkas yang harus diupload adalah file hasil scan. Pada proses ini, terkadang kurangnya ketelitian bisa menyebabkan gagal. Contohnya adalah pada saat mengunggah foto. Foto yang diunggah harus berlatar sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketentuan unggah foto pada SSCN 2022 berbeda pada tahun 2019. Pada proses seleksi sebelumnya, pendaftar harus menggunggah foto sambil memegang KTP dan kartu informasi. Namun pada tahun ini, cukup selfie saja. Salah unggah file bisa juga terjadi karena kesalahan format file. Ingat untuk selalu memperhatikan ketentuan ya. Usahakan hasil scan file yang jelas dan terbaik.

Melewati Ketentuan Usia

Hal ini merupakan faktor penting dalam proses SSCN 2022. Perlu diketahui bahwa mayoritas instansi yang membuka formasi memiliki ketentuan usia produktif muda. Rata-rata pendaftar tidak boleh melewati usia 35 tahun. Banyak pendaftar yang gagal karena tidak memperhatikan syarat tersebut.

Bisa saja jika ada calon pendaftar yang ingin mencoba meski telah melewati ketentuan. Namun di kemudian hari jangan kecewa apabila dinyatakan tidak lolos. Jika memenuhi kualifikasi, cobalah mendaftar pada formasi P3K.

Salah Formasi Jabatan

Kesalahan ini tentu sudah menjadi rahasia umum. Penyebab gagalnya pendaftar bisa jadi karena kurang teliti mengenai formasi. Misalnya ketentuan jabatan guru SD di intansi A adalah pelamar dengan lulusan S1 PGSD. Jika calon pendaftar bukan merupakan lulusan S1 PGSD namun tetap mendaftar, tentu akan kalah dengan pelamar yang memenuhi ketentuan. Oleh sebab itu perhatikan ketentuan kualifikasi instansi yang akan didaftar.

Akreditasi Tidak Sesuai

Poin akreditasi adalah permasalahan klise yang banyak dijumpai oleh pendaftar. Akreditas kampus dan program studi sangat penting diperhatikan. Pastikan untuk mengunggah surat akreditasi yang sesuai dengan tahun lulus pendaftar. Selain itu perhatikan juga syarat kualifikasi akreditasi masing-masing instansi.

Itulah deskripsi mengenai kesalahan sepele yang bisa menyebabkan gagalnya seleksi. Hal ini penting untuk diketahui agar pendaftar formasi pada SSCN 2022. Jangan sampai karena kurang teliti bisa menyebabkan gagal meraih mimpi.

About Administrator

Check Also

Beli Produk Nintendo dijamin Ori Di Sini

Beli Produk Nintendo dijamin Ori Di Sini – Pada tahun lalu nilai dari industri game …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *