Tutorial Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Komputer

Tutorial Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Komputer, Bluetooth adalah sebuah perangkat dari beberapa perangkat untuk menghubungkan jaringan secara pribadi antara beragam perlatanan secara berdekatan. Biasanya bluetooth digunakan untuk proses pemindahan information yang berasal dari satu device ke device lain, kala ini, bluetooh telah memasuki generasi ke-5.

Selagi bluetooth yang masih populer dan segudang digunakan adalah Bluetooth 4.0 atau generasi keempat. Sebab manfaat bluetooth yang praktis ini, berlimpah orang mengenakan bluetooth untuk pemindahan information dibanding perlu kenakan kabel.

Keliru satu proses pemindahan knowledge yang dikerjakan biasanya berasal dari laptop atau ke komputer atau smartphone atau sebaliknya.

Tetapi, bukan segudang yang sadar cara mengaktifkan bluetooth terhadap perangkat laptop maupun komputer, bisa saja terhitung Kamu. Dikarenakan tersebut Kamu mampir ke artikel ini untuk tahu cara menyalakan atau mengaktifkan bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Jikalau sebelumnya kami telah menjelaskan berkaitan cara mengaktifkan wifi terhadap laptop, kali ini kami akan mengimbuhkan pemaparan mengenai cara mengaktifkan bluetooth di laptop.

Bagaimana caranya?

Memadai bersama dengan melaksanakan lima langkah berikut bersama enteng, bluetooth akan aktif dan dapat digunakan. Berikut 5 cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan computer:

  1. Mengenakan Tombol Fn + Ikon Bluetooth

Terhadap umumnya suatu laptop miliki bluetooth yang telah built-in. Untuk style laptop layaknya ini, cara mengaktifkannya adalah bersama menekan tombol Fn plus keliru satu tombol berasal dari F1 hingga F12.

Cara mengetahuinya adalah menyaksikan ikon buetooth yang terpampang di tidak benar satu tombol berasal dari F1 hingga F12. Mengingat tiap merek laptop beda-beda, menjadi pastikan tersedia tidak benar satu tombol berasal dari F1 hingga F12 yang punya ikon bluetooth.

Jikalau udah ketemu, misalnya di laptop Kamu ikon bluetooth tersedia di F4. Maka untuk mengaktifkan bluetooth adalah bersama dengan menekan tombol Fn + F4. Terkecuali telah sahih, akan muncul ikon bluetooth yang tersedia di system tray, yakni bagian task bar paling kanan. Munculnya ikon bluetooth menandakan bluetooth udah mulai dapat digunakan.

  1. Mengaktifkan di Bagian Setting

Kamu juga sanggup mengaktifkan Bluetooth dan menghubungkan bersama perangkat Bluetooth lain bersama cara mengaktifkannya di bagian Setting. Kamu mampu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilihlah menu berupa menu Windows. Lalu masuklah ke bagian pengaturan (Setting). Anda di situ bisa mengetikkan di pencarian “Setting” atau juga bisa langsung menulis “Bluetooth” untuk cara yang lebih cepat.
  • Setelah itu selesai pilihlah opsi Devices.
  • Pada bagian Bluetooth & other devices, ada sebuah tombol agar bisa menyalakan Bluetooth dari off ke on. Geser tombol tersebut untuk menyalakan Bluetooth.
  • Setelah dinyalakan Bluetooth nya, Anda bisa menghubungkan perangkat Bluetooth dengan yang nama nya laptop atau komputer desktop yang Anda miliki. Dan juga Anda perlu melakukan “paired” terlebih dahulu. Jika sudah melakukan “paired” tersebut, kedepannya lebih memudahkan Anda yang tinggal menghubungkan kedua perangkat tersebut.
  • Perangkat AM61 adalah perangkat audio yang sudah tersambung. Maka Anda tinggal memilih opsi Connect agar bisa menyambungkan perangkat Bluetooht dengan komputer atau laptop anda.
  • Dan Anda juga bisa menambahkan sebuah perangkat Bluetooth yang belum terhubung dan caranya dengan memilih opsi paling atas, yakni Add Blutooth or other device.
  1. Kenakan Device Manager

Cara mengkatifkan bluetooh lainnya bersama dengan enteng adalah bersama dengan mengaktifkannya lewat device manager. Caranya lumayan enteng. Kamu tinggal mengakses device manager. Dan memirsa terhadap bagian device manager itu.

Kalau terdapat bluetooth tapi ternyata belum aktif, Kamu lumayan klik kanan, lantas pilih “Enable” untuk mengaktifkannya. Saat pilihan “Disable” adalah untuk menonaktifkannya.

  1. Instal Driver Bluetooth

Bila ketika Kamu menyalakan bluetooth, baik mengenakan tombol Fn maupun memakai dongle USB bluetooth, belum sanggup digunakan, maka tersedia barangkali platform operasi terhadap laptop Kamu belum dipasang driver bluetooh.

Untuk menjalankan bluetooth, maka pasanglah terlebih pernah driver bluetooth. Pemasangan sanggup ditunaikan bersama membawa cd driver bawaan. Kecuali bukan tersedia, sanggup unduhan driver bluetooth di internet yang disesuaikan tipenya bersama dengan bluetooh built-in atau usb dongle Kamu.

  1. Kenakan Dongle USB Bluetooth

Bukan seluruh laptop mempunyai bluetooth built-in. Jikalau laptop Kamu bukan menopang bluetooth dan bukan tersedia ikon di tidak benar satu tombol berasal dari F1 hingga F12, maka Kamu kudu memasang bluetooth bersama cara lain. Cara memasang bluetooth di laptop yang bukan tersedia bluetoothnya paling enteng adalah bersama dengan mengenakan dongle USB Bluetooth.

Disesuaikan namanya, bluetooth USB Dongle dicolok terhadap port USB yang tersedia di laptop. Bentuk bluetooth ini sama layaknya flashdisk tapi punya antena receiver. Kamu tinggal pasang ke port USB di laptop maupun komputer desktop untuk mengaktifkan bluetooth.

Itulah tadi klarifikasi soal cara menginstal bluetooth di laptop. Semoga mendukung. Oh yah, bagi Kamu yang belum memahami, Bluetooth tersebut tak semata-mata sekadar untuk memindahkan information berasal dari satu device ke device lain. Tersedia kegunaan lain berasal dari Bluetooth yang beberapa berasal dari Kamu kemungkinan belum sadar.  Berikut fungsi lain berasal dari bluetooth.

Kegunaan Lain dari Bluetooth

Sehabis memahami berkenaan cara mengaktifkan Bluetooth, pada akhirnya yuk cari menyadari apa kegunaan berasal dari Bluetooth. Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Mengakses ke printer

Printer atau mesin pencetak zaman sekarang umumnya mampu menjalankan fungsinya tanpa menggunakan kabel ke komputer atau laptop. Printer yang menopang fitur ini adalah printer wireless alias printer tanpa kabel.  Printer wireless ini menjadi solusi untuk Kamu yang butuh printer praktis dan ringan digunakan.

Cara membuka bersama dengan printer wireless adalah bersama dengan memakai bluetooth. Contoh kasusnya, kecuali Kamu inginkan mencetak foto atau dokumen, tak mesti memindahkan datanya ke komputer. Memadai hubungkan bluetooth di HP bersama dengan bluetooth di printer.

Cara ini tentunya lebih praktis dan enteng. Tak tersedia kembali cerita susah nge-print lantaran kabel print rusak atau tak mengakses bersama dengan baik.

  1. Memakai mouse dan keyboard wireless

Bluetooth juga mampu berguna untuk menghubungkan mouse dan printer tanpa kabel alias wireless. Pemanfaatan mouse dan keyboard wireless ini umumnya mengenakan USB dongle bluetooth sehingga mengakses. Menjadi USB dongle dicolok ke port USB laptop atau komputer supaya mengakses bersama keyboard maupun mouse wireless.

Pemakaian mouse dan keyboard wireless tentunya lebih praktis. Apalagi Kamu dapat navigasi  komputer berasal dari jeda yang lebih jauh. Tak layaknya kabel yang penggunaannya terbatas berdasarkan panjang kabel mouse atau keyboard itu. Dan tak tersedia ulang cerita mouse atau keyboard tak dapat dipakai sekedar dikarenakan kabelnya rusak.

  1. Membuka ke speaker atau headset wireless

Persoalan yang kerap timbul ketika memakai headset atau earphone adalah kabel yang terlilit. Kasus lain juga muncul pas kenakan headset di perjalanan dikarenakan sanggup saja kabel tertarik yang disebabkan oleh konvoi kami sebagai penggunanya.

Kasus yang tak jauh beda berlangsung terhadap speaker. Lebih dari satu berasal dari Kamu kemungkinan inginkan memasang speaker jauh berasal dari sumber suaranya tetapi sebab jeda kabelnya yang pendek hal tersebut urung dijalankan.

Kehadiran bluetooth terhadap perangkat audio menjawab kasus-kasus itu. Menggunakan headset bluetooth menjawab masalah kabel terlilit dan konvoi bebas kala mendengarkan lagu di perjalanan. Speaker bluetooth menjawab persoalan penempatan posisi speaker yang sanggup lebih jauh berasal dari sumber melodi.

Sebab tersebut, kegunaan bluetooth sebagai penganar nada merupakan tidak benar satu hal paling baik yang tersedia di global teknologi audio.

  1. Berguna Sebagai Hotspot

Tak berlimpah yang paham jika bluetooth punya manfaat lain yang tak cuman jadi pengantar information dan penghubung dua device. Bluetooth juga mempunyai faedah sebagai modem untuk mengakses bersama internet.

Faedah ini biasa ditemukan di perangkat smartphone. Kamu yang penasaran bersama dengan manfaat ini sanggup menyalakannya di bagian “Tethering”. Biasanya tersedia 3 pilihan di bagian ini yakni; USB Tethering, Wifi Hostspot, dan Bluetooth Thetering. Hidupkan atau nyalakan bluetooth thetering di HP Kamu sesudah itu sambungkan perangkat lain ke HP Kamu untuk membuka ke internet.

  1. Membuka bersama Proyektor

Proyektor terbaru juga telah punya teknologi wireless. Tak wajib ribet ulang bersama dengan kabel penghubung antara proyektor bersama dengan laptop untuk sekadar melihat film atau keperluan presentasi. Lumayan nyalakan faedah bluetooth wireless di printer untuk mengakses bersama ringan bersama dengan berbargai perangkat.

Kamu yang kerap presentasi atau suka melihat film melalui proyektor akan terbantu bersama dengan kehadiran type proyektor wireless ini.

Demikianlah pemaparan berkenaan cara mengaktifkan bluetooth di komputer atau laptop dan beraneka faedah lain berasal dari bluetooth. Semoga artikel ini menopang Kamu dan menaikkan ilmu Kamu perihal bluetooth dan penggunaanya.

 

About oemar

Check Also

Andalan Baru Generasi Muda Honda CBR150R 2023

Honda CBR150R 2023, Andalan Baru Generasi Muda Motor gagah khas anak muda ini kembali mengalami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *