Tutorial Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Tutorial Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Mampu mendukung berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja, belajar dan hiburan, laptop menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Praktis dibawa kemana-mana, tidak sedikit orang yang lebih memilih komputer jinjing ini daripada komputer pribadi dan masih bisa merasakan manfaat lainnya yang tidak banyak.

Hanya saja setiap perangkat di laptop terhubung menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, jika hanya satu bagian yang rusak, sebagian besar pengguna barang akan segera membeli yang baru atau memperbaikinya agar dapat digunakan kembali.

Salah satu perangkat laptop yang sering mengalami masalah adalah keyboard yang rusak baik sebagian maupun seluruhnya. Ketika hal ini terjadi, manfaat sebuah laptop pasti akan berkurang drastis karena tidak bisa digunakan untuk mengetik dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari penggunanya.

Tapi jangan khawatir. Sebelum membawanya ke pusat layanan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan terlebih dahulu untuk memperbaikinya sendiri. Tidak terlalu sulit, semua pengguna pasti bisa memperbaiki keyboard laptop yang rusak dan tidak memperparahnya. Lihatlah berbagai cara agar bisa menangani keyboard dari laptop yang sudah tidak bisa berfungsi, untuk lebih jelasnya lagi simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

1. Periksa fitur Num Lock

Saat tombol ini aktif tanpa disadari, bagian utama keyboard diubah menjadi numeric atau keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, beberapa bagian keyboard biasanya tidak berfungsi dengan baik. Untuk mematikannya, Anda perlu menekan tombol Fn dan Num Lock secara bersamaan. Namun, masalah ini hanya terjadi pada jenis laptop tertentu.

2. Nyalakan ulang laptop

Jika masalah di atas bukan penyebab masalah keyboard laptop, opsi lain adalah me-restart perangkat. Padahal, mematikan dan me-restart laptop adalah tindakan paling umum dan termudah untuk menyelesaikan berbagai masalah pada perangkat. Jika cara restart yang biasa tidak berhasil, Anda bisa memaksa laptop mati dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik.

3. Mulai pemulihan sistem (Jalankan System Restore)

Jika masih tidak bisa, anda bisa mencoba cara selanjutnya yaitu dengan menjalankan perintah system restore. Sederhana saja, untuk pengguna Windows 10, System Restore bisa dilakukan dengan membuka menu Start, lalu ketik “Recovery” dan pilih Configure System Restore.

4. Perbaiki pada Driver Keyboard

Hal lain yang dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik adalah bug pada driver. Pemicu dapat bervariasi, mis. B. Virus atau masalah dengan perangkat lunak dan aplikasi tertentu.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mencari bagian keyboard di Device Manager. Jika Anda melihat segitiga kuning, itu berarti driver keyboard bermasalah. Unduh dan instal driver baru dari situs web resmi merek laptop untuk menyelesaikan masalah.

5. Periksa pengaturan pada keyboard

Misalnya, masalah keyboard laptop dapat bervariasi dengan mengetik sendiri dan bukan dengan jumlah huruf yang ditekan pada tombol keyboard. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat memperbaikinya dengan memeriksa pengaturan pada keyboard. Caranya dengan masuk ke menu Start dan pilih Control Panel.

Kemudian pilih opsi Kemudahan Akses dan kemudian opsi Jadikan keyboard lebih mudah digunakan. Kemudian pilihlah kunci filter dari pengaturan dan klik sekali untuk Nonaktifkan Semua. Setelah mengikuti langkah-langkah ini, periksa apakah masalah yang Anda temui pada keyboard laptop telah teratasi atau masih berlanjut.

6. Ubah tata letak keyboard

Jika cara di atas tidak menyelesaikan masalah, bisa jadi penyebab utama keyboard tidak berfungsi normal adalah tata letak. Karena tata letak yang digunakan tidak sesuai, beberapa fungsi keyboard akan dinonaktifkan atau huruf yang berbeda dari yang diketik di keyboard akan muncul di layar.

Untuk mengatasinya, Anda perlu membuka menu mulai, cari “bahasa” di kolom “Pembayaran”, tentukan bahasa yang Anda inginkan, klik “Opsi” dan pastikan teks yang ditampilkan adalah “US QWERTZ”. Untuk mencegah masalah ini terulang kembali, Anda dapat menghapus beberapa tata letak yang tidak Anda perlukan.

7. Bersihkan laptop dari debu dan remah makanan

Salah satu masalah paling umum dengan keyboard laptop adalah hanya beberapa tombol yang tidak berfungsi. Penyebabnya bisa jadi debu atau remah makanan masuk ke sela-sela keyboard. Akibatnya, tombol tidak dapat ditekan dengan sempurna dan tidak lagi responsif.

Untuk memperbaiki masalah, Anda perlu membongkar keyboard laptop dan menghilangkan kotoran dan debu. Cara membongkarnya tidak sulit, pastikan laptop tidak menyala, dan miringkan laptop ke posisi sekitar 90 derajat dan goyangkan sedikit agar kotoran lebih mudah keluar. Jika kotoran masih menempel di dalamnya, gunakan alat seperti B. Pita perekat atau kain kering untuk membersihkannya dengan lembut.

8. Perbaiki Konektor tidak terpasang dengan sempurna

Penyebab lain dari masalah keyboard laptop tidak berfungsi adalah konektornya mungkin tidak terhubung dengan benar atau mungkin longgar. Tentu saja hal ini membuat keyboard bermasalah. Yang pasti, Anda bisa membongkar sendiri keyboard laptop dengan menonton video tutorial di Youtube atau meminta orang yang lebih berpengalaman untuk memasang konektor lebih rapat.

9. Jauhi Lepas Pasang baterai

Menyetel ulang laptop dianggap sebagai cara yang efektif untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang terjadi pada perangkat, belum lagi keyboard yang rusak. Untuk melakukan ini, matikan dan lepaskan baterai laptop dan adaptor daya. Kemudian tunggu sebentar.

Jika baterai dicabut, tekan tombol daya selama satu menit, masukkan kembali baterai, dan hidupkan laptop. Semoga cara ini dapat mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi dan mengembalikannya menjadi normal.

10. Ubah keyboard default

Jika Anda memastikan bahwa semua metode di atas tidak menyelesaikan masalah, maka langkah Anda selanjutnya mungkin adalah mengganti keyboard bawaan. Anda bisa dengan mudah membelinya di toko online atau service center laptop dengan cara mencocokkan merek dan tipe laptop. Untuk menggantinya sendiri, ada banyak tutorial di internet yang bisa dijadikan referensi. Seperti Youtube atau situs yang membahas komputer.

11. Gunakan keyboard di layar

Cara menggunakan keyboard di layar

jika keyboard masih tidak berfungsi dengan baik meskipun Anda harus tetap menggunakannya? Untuk sementara, Anda bisa menggunakan fitur onscreen keyboard yang umumnya tersedia di hampir semua jenis laptop. Untuk menggunakannya, Anda bisa masuk ke Start Menu, pilih Programs, Accessories, lalu Accessibility dan klik On-Screen Keyboard.

Saat Anda menggunakan fitur ini, layar laptop akan menampilkan layout keyboard yang bisa digunakan untuk mengetik. Caranya adalah dengan mengkliknya dengan mouse atau touchpad Anda. Tampaknya itu rumit bahkan tidak fleksibel, tetapi metode ini sangat di anjurkan dan selalu dapat digunakan dalam keadaan apapun, bahkan keadaan darurat.

Pasang keyboard eksternal

Agak mahal, cara terdekat untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop adalah dengan membeli keyboard eksternal, baik wireless maupun USB. Cara ini adalah cara yang dianggap sebagai cara paling praktis sekali untuk mengatasi berbagai masalah pada keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Dengan kata lain, Anda dapat terus menggunakan laptop seperti biasa, tetapi Anda harus menambahkan keyboard tambahan, seperti yang biasanya terjadi pada penggunaan komputer biasa. Jadi, Anda harus membawa laptop dan keyboard eksternal ke mana-mana.

Bawa untuk diservis

Pilihan terakhir jika semua langkah di atas tidak berhasil adalah membawa laptop Anda ke pusat layanan atau pusat layanan. Selama kerusakannya tidak terlalu parah, keyboard laptop pasti bisa diperbaiki dan berfungsi normal kembali.

Jika Anda masih memiliki asuransi atau garansi, Anda dapat melakukan perbaikan secara gratis asalkan memenuhi proteksi yang dijanjikan. Untuk memastikannya, coba tanyakan pada teknisi apa yang menyebabkan keyboard laptop rusak dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terulang kembali. Dengan cara ini, keyboard tidak akan mudah rusak dan tidak akan mengganggu pengguna lagi.

Hindari menyalahgunakan laptop agar tetap awet

Dibandingkan dengan komputer, laptop memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi. Jika suatu bagian tidak berfungsi, pengguna tidak dapat begitu saja mengganti salah satu bagian yang rusak, mis. B.komputer. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan laptop dengan baik dan hindari kebiasaan yang dapat merusak laptop. saat kotor atau terkena debu, makan atau minum di dekat perangkat, meletakkan benda berat di atasnya, menekan tombol keyboard terlalu keras, dll.

About oemar

Check Also

Andalan Baru Generasi Muda Honda CBR150R 2023

Honda CBR150R 2023, Andalan Baru Generasi Muda Motor gagah khas anak muda ini kembali mengalami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *