Perbandingan antara tegangan dan regangan

Perbandingan antara tegangan dan regangan

Pasti dari kalian tidak asing lagi dengan tegangan dan regangan. Misalnya kita sering menemukan benda per. Menurut kalian benda itu meregang? Tetapi berbeda ya dengan kasus meregang nyawa itu berbeda lagi. Ini kita akan membahas perbandingan antara tegangan dan regangan. Dalam fisika keduanya ini biasanya akan dibahas secara bersamaan begitu juga dengan elastisitas. Semua pelajaran dan rumus-rumus dalam fisika itu sebenarnya mudah tergantung bagaimana kita mempelajarinya.

Siaran yang menyenangkan akan membuat belajar kita juga menyenangkan sehingga kita mudah menyukai pelajaran. Begitu juga dengan pembahasan dari materinya jika materinya menyenangkan maka belajar juga akan menjadi menyenangkan. Simak baik-baik materi di bawah ini.

Pengertian tegangan dan regangan

Dalam pembahasan tegangan dan regangan terdapat dalam bahasan pokok elastisitas. Mungkin bagi kalian yang mempelajari IPA ini akan sering ketemu. Aktivitas sendiri itu kemampuan benda untuk kembali ke bentuk asalnya walaupun sudah di diberikan gaya. Contohnya yang biasa kita lihat adalah pegas, karet, per. Dalam elastisitas maka terdapat tegangan dan regangan biasanya juga ada modulus young.

Dalam perbandingan antara tegangan dan regangan, Kali ini kita hanya akan membahas tegangan dan regangan.Tegangan biasanya disimbolkan dengan sigma merupakan perbandingan gaya tarik yang bekerja pada luas penampang benda. Sedangkan tegangan atau strain dewa perbandingan pertambahan panjang dengan panjang awalnya. Ketika kita menarik karet mula-mula karet tersebut pendek. Ketika kita tarik karet akan menambah panjang.

Dengan penambahan panjang dengan awal panjang itu dinamakan regangan. Sedangkan perbandingan gaya tariknya antar bendanya itu maka itu adalah ah tegangan.

perbandingan antara tegangan dan regangan

Sudah dapat Kita bedakan antara tegangan dan regangan pada pengertian di atas. Misalnya saja dalam kehidupan sehari-hari jika kita merasa tegang maka jantung kita akan lebih memompa dengan cepat. artinya tegangan itu membuat gaya pompa jantung lebih besar . Na jika kita ilustrasikan regangan dalam kehidupan sehari-hari itu biasanya jika kita melakukan olahraga. Otot kita akan lebih berkontraksi maka ketika itu otot menjadi lebih kecil. nah ketika otot relaksasi otot akan lebih panjang dan perpanjangan antara otot ketika kontraksi dan relaksasi itu namanya regangan.

Sedangkan dalam modulus young itu adalah yang disebut dengan perbandingan antara tegangan dan regangan. Yang disimbolkan dengan huruf e besar.

Modulus Young dan contoh soalnya

Dalam mengukur kemampuan elastisitas suatu benda maka modulus young ini dibutuhkan. Jadi modulus yang ini untuk mengukur seberapa besar ketidak elastisitasnya suatu benda. Jika nilai modulus youngnya besar maka benda tersebut makin tidak elastis. Tapi sebaliknya jika modulus youngnya kecil maka nilai benda itu semakin elastis. Jangan sampai hal ini terbalik.

Misalnya kita ketahui bahwa modulus young dari karet adalah 0,05 x10¹⁰ pa. sedangkan aluminium memiliki modulus young sebesar 7 ×10¹⁰ pa. Dan Nikel sebesar 21×10¹⁰ pa. Jika dari ketiga benda tersebut manakah Menurut kalian yang lebih besar elastisitasnya? Apakah nikel, aluminium, atau karet?

Ternyata yang paling elastis adalah karet karena nilai karet yang paling kecil. Sedangkan antara nikel dan aluminium nilai lebih besar maka nilai nikel sangat tidak elastisitas dibandingkan aluminium. Dan aluminium sangat tidak elastis dibandingkan karet.

Bagaimana apakah penjelasan di atas itu sangat membantu kalian? Begitulah perbandingan antara tegangan dan regangan tersebut disebut dengan modulus elastisitas atau modulus young. Dalam penggunaan sehari-hari benda benda elastis yaitu seperti per dan karet. Semoga pesan yang sudah di atas membantu para siswa untuk mempelajari fisika.

About Oemar habsyie

Check Also

Cara Mempercepat Internet di HP Cobain Yuk

Cara Mempercepat Internet di HP Cobain Yuk Untuk beberapa tempat yang tidak memiliki dukungan internet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *